Rabu, 19 Mei 2010

Tips membeli sepeda motor bekas


Ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika membeli sepeda motor bekas karena tidak sedikit pembeli motor bekas yang kecewa karena kesalahan pembeli sendiri.
Berikut adalah tips yang bisa anda jadikan panduan ketika membeli motor bekas:

1. Cek kondisi fisik motor dan pastikan semua bagian seperti body, spion, lampu, baut dll, apakah suku cadang yg asli.
2. Lihat speedometer, pastikan tidak ada kecacatan baik retak atau bekas cungkilan karena dibongkar paksa, kemudian lihat jarak yg telah di tempuh motor tersebut. Jika angka menunjukan di atas 20.000km, bisa pastikan sudah pasti akan ada komponen mesin yang harus diganti.
3. Cek kondisi roda. Bagaimana kelurusan roda depan dgn roda belakang. Hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok karena motor pernah mengalami jatuh atau benturan keras.
4. Mulai hidupkan mesin. Apakah bisa stasioner / langsam ???? Mesin yang sehat akan bisa langsam pada putaran +/- 1500 rpm. Yakinkan juga tidak terdapat kejanggalan suara mesin.
5. Jalankan motor tersebut dan perhatikan apakah ada kesulitan atau tdk dalam perpindahan gigi. Perhatikan jangan sampai terdapat oli bocor.
6. Untuk menguji kondisi chasis, kendarai motor dgn kecepatan lhh dari 40km/jam kmdn tekan rem agak mendadak dan yakinkan motor tidak oleng.
7. Cek juga kelistrikan dan lampu-lampu. Tekan rem belakang + bunyikan klakson, atau stater motor memakai eketrik stater sambil menekan rem belakang, kalau berfungsi / hidup berarti accu tidak ada masalah.
8. Cek nomor rangka dan nomor mesin motor dgn BPKB dan STNK. Perhatikan dgn jelas apakah nomor rangka dan mesin motor adalah asli dan bukan ketokan kasar.
9. Yang terakhir cek juga harga kendaraan dipasaran. Jangan takut kemahalan kalau motor anda yang beli benar2 bagus kualitasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar